staff hotel

Kamu mungkin sudah mengetahui beberapa profesi di industri perhotelan yang sering kamu lihat di layar kaca. Namun faktanya masih banyak profesi di industri perhotelan yang belum diketahui masyarakat pada umumnya. Hal ini mungkin karena representasinya dalam film atau media tidak sepopuler profesi lain.

Tim berkarir.id telah menyiapkan rangkuman beberapa bidang pekerjaan dan profesi di industri perhotelan yang dapat menjadi opsi kamu nantinya.

Kerja Perhotelan 1: Front Office

front office
Front office merupakan departemen yang ditugaskan pertama kali saat tamu datang

Front Office merupakan bagian yang dianggap sebagai wajah dan representasi perusahaan. Orang-orang yang bertugas di departemen ini memiliki tanggung jawab untuk menyambut dan memenuhi keperluan tamu. Berikut bagian-bagian profesi yang berada di departemen front office:

1. Bellboy

Bellboy merupakan petugas yang berada di pintu masuk dan biasanya berperan menyambut tamu yang baru datang dan mengantar tamu ke meja resepsionis. Tugasnya dimulai pada saat tamu baru datang hingga tamu masuk ke kamar.

Pada saat tamu baru datang, bellboy ditugaskan untuk membukakan pintu bagi para tamu dan menyapa dengan senyuman ramah. Ia juga bertugas membawakan barang bawaan tamu menggunakan trolley, ciri khas profesi ini.

2. Resepsionis

Setelah tamu diantar menuju meja resepsionis, petugas resepsionis bertugas membantu keperluan pengunjung dan memproses segala kebutuhannya. Mulai dari pemesanan kamar/check in, check out, penggantian kamar, menerima laporan kehilangan kunci kamar dan banyak hal lainnya.

Resepsionis juga bertugas menjadi jembatan penghubung antara customer dan hotel. Untuk itu, resepsionis harus dapat memberikan informasi yang berguna dan dibutuhkan oleh customer.

3. Guest Relation Officer

Setelah resepsionis memastikan tamu telah mendapatkan penempatan kamar, kini giliran Guest Relation Officer (GRO) yang bertugas. GRO berperan mengantarkan para tamu ke kamar yang sudah dipesan dan juga berkoordinasi dengan bellboy agar barang bawaan sampai ke kamar dengan tepat dan cepat.

Guest relation officer juga bertugas memastikan segala kebutuhan tamu di dalam kamar sudah terpenuhi. Jika tamu memiliki pertanyaan seputar fasilitas dan apapun yang berkaitan dengan hotel, maka guest relation officer bertugas menyampaikan informasi tersebut dengan benar dan memuaskan.

Kerja Perhotelan 2: Food and Beverages

food and beverages
Departemen ini mengurus segala kebutuhan konsumsi pelanggan, mulai dari makan pagi hingga malam, cemilan dan pesanan konsumsi lainnya.

Bagian profesi yang berada di dalam departemen food and beverages:

1. Chef

Seorang Chef atau biasa disebut juga dengan koki, bertugas memasak kebutuhan makanan tamu. Pada umumnya hotel telah memiliki menu yang dapat dipilih oleh tamu secara langsung. Chef juga bertugas untuk mengendalikan mutu terhadap makanan yang disajikan untuk para tamu agar kualitas dan keamanannya tetap terjamin.

2. Bartender

Di beberapa hotel berbintang, biasanya terdapat sebuah bar di mana customer dapat menikmati minuman. Bartender adalah seseorang yang bekerja di area bar dan bertugas meracik dan menyajikan minuman (baik beralkohol maupun non-alkohol) sesuai pesanan customer

Tidak jarang, bartender juga memiliki skill atraksi khusus seperti juggling yang ditunjukkannya ketika proses penyajian minuman secara acrobatic. Dalam menjalankan tugasnya, seorang bartender dibantu oleh seorang barback atau asisten bartender.

3. Pelayan

Pelayan merupakan orang yang bertugas di area restoran hotel. Profesi ini bertanggung jawab untuk melayani pesanan hingga mengantarkannya ke meja customer. Pelayan juga biasa disebutan waiter untuk pelayan laki-laki dan waitress untuk pelayan perempuan.

4. F&B Manager

Food and Beverages Manager atau dapat disingkat menjadi F&B Manager bertugas melakukan pengelolaan sumber daya manusia di departemen food and beverages. Tanggung jawabnya adalah memastikan keperluan konsumsi customer secara keseluruhan sudah terpenuhi dan memuaskan.

Ia juga bertugas mengatur keuangan dan inventaris persediaan makanan di area hotel. Profesi ini bertanggung jawab mengatur pembelian stock persediaan makanan yang akan digunakan di dapur dan bar hotel. Posisi ini biasanya membutuhkan seseorang yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang hospitality.

5. Steward

Steward merupakan profesi yang bertugas mengurus kebersihan di lingkup dapur. Ia yang akan membersihkan piring dan peralatan makan setelah digunakan. Steward juga bertanggung jawab terhadap maintenance dan penyimpanan alat-alat tersebut agar tetap terawat dan mudah untuk ditemukan.

Kerja Perhotelan 3: Housekeeping

pelayan hotel
Housekeeping berperan penting untuk menunjukkan kerapian dan keindahan dari sebuah hotel

Departemen ini berhubungan langsung dengan pengelolaan kamar customer. Selain bertanggung jawab terhadap kebersihan ruangan, housekeeping department juga bertanggung jawab kepada kenyamanan customer selama berada di kamar. Ialah yang akan meneruskan request customer kepada departemen lain. Berikut daftar profesi yang berada di departemen housekeeping:

1. Room Attendant

Tugas utama seorang room attendant adalah untuk menjaga kamar tamu tetap bersih dan tertata.

Biasanya seorang room attendant akan mendatangi kamar tamu pada waktu yang telah ditentukan dan bertanya terlebih dahulu apakah kamarnya ingin dibersihkan. Namun, tidak jarang pula room attendant bertugas saat tamu sedang keluar kamar.

Karena tugasnya yang mengharuskan keluar dan masuk kamar tamu, seorang room attendant haruslah berhati-hati saat bertugas dan memastikan privasi tamu terjaga.

2. Laundry Staff

Laundry staff bertugas memberikan layanan pencucian dan pembersihan baju bagi tamu yang menggunakan layanan tersebut. Laundry staff juga bertugas membersihkan sprei dan selimut di setiap kamar tamu. Sehingga jika tamu menginginkan penggantian sprei atau selimut, hotel selalu siap menyediakan.

3. Maintenance Worker

Sesuai namanya, maintenance worker bertugas merawat, menjaga dan memperbaiki setiap peralatan dan benda yang berada di area hotel. Mulai dari perabot, mesin, hingga bangunan.

4. Cleaning Service

Cleaning service bertugas membersihkan area selain kamar hotel, seperti lobby, waiting room, hall, dan lain-lain. Karena wilayah kerjanya yang cukup luas, biasanya cleaning service terdiri dari beberapa tim yang memiliki tugas kerja berdasarkan penempatannya.

Kerja Perhotelan 4: Hotel Management

management hotel
Hotel management dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola hotel secara keseluruhan

1. General Manager

Posisi ini bertugas untuk mengelola seluruh urusan perhotelan. Seorang general manager akan berkoordinasi dengan manager atau supervisor dari setiap divisi dan berperan dalam pengambilan keputusan.

2. Sales & Marketing

Bagian ini bertugas untuk mempromosikan hotel kepada khalayak luas. Ia bertanggung jawab untuk menyusun strategi agar terjadi peningkatan terhadap jumlah customer dengan menggunakan teknik-teknik marketing baik secara digital maupun manual.

3. Accounting

Seorang akuntan bertanggung jawab dalam mengurus seluruh keperluan keuangan pada operasional hotel, mulai dari uang masuk hingga pengeluaran. Selain membuat pembukuan mengenai keuangan, ia juga bertugas mengurus pajak perusahaan.

4. Event

Hotel tidak hanya menjadi tempat para tamu untuk menginap saja. Hotel juga kini banyak dijadikan sebagai venue perhelatan acara-acara besar seperti pernikahan, meeting, gathering hingga perayaan ulang tahun.

Hotel menyediakan akomodasi beserta tim event yang akan bertugas mengakomodir segala kebutuhan acara hingga menyusun jalannya acara hingga selesai.

5. Security

Terlihat jelas dari namanya, profesi ini bertugas untuk mengamankan dan menjaga ketertiban di hotel. Security biasanya memiliki tim berisikan beberapa orang yang masing-masing ditugaskan untuk menjaga dan mengamankan area-area yang telah ditentukan.

Profesi Perhotelan Mana Yang Jadi Pilihanmu?

Setelah membaca informasi di atas, sudahkan kamu menentukan pilihan profesi di industri perhotelan yang tepat untukmu?

Meskipun kebanyakan dari posisi pekerjaan di industri perhotelan merupakan entry-level job, namun skills yang mumpuni tetap berguna dan dibutuhkan. Jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan kemampuan dan skill-mu sebelum kamu menekuni salah satu profesi tersebut.

Apakah kamu memiliki pertanyaan seputar profesi dunia perhotelan? Tinggalkan pesanmu di kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke teman-temanmu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.