Persiapkan semua kemungkinan yang terjadi ketika proses interview.
Interview Kerja Menentukan Kelolosan
Proses rekrutmen dapat menjadi tahapan yang panjang ataupun singkat. Bagaimana pun itu, kamu harus tetap mempersiapkan apapun dengan matang, hingga nantinya kamu akan sampai di tahap selanjutnya, interview kerja.
CV dengan segudang pengalaman bukan menjadi satu-satunya penentu agar lolos di tahap interview kerja. Perusahaan pun perlu diyakinkan kenapa mereka harus memilihmu dibanding pelamar lain.
Hal yang perlu diingat adalah, kamu perlu meninggalkan kesan bagus kepada HRD selama proses interview kerja. Bagaimana caranya? Berikut telah kami rangkum hal-hal yang perlu kamu tahu sebelum masuk ke ruangan interview:
Kenali Perusahaan
Dalam persiapan interview kerja, kamu wajib untuk melakukan riset mengenai posisi dan perusahaan yang kamu lamar. Karena pada saat proses interview, sangat mungkin HRD akan bertanya mengenai posisi dan perusahaan yang kamu lamar.
Riset Pertanyaan Interview
Selain melakukan riset terhadap perusahaan, kamu juga wajib melakukan riset tentang pertanyaan umum saat interview. Hal ini penting untuk menunjukan seberapa siap kamu dalam menghadapi tahapan itu.
Latihan Menjawab Pertanyaan Interview
Dimulai dari saat kamu mengetuk pintu hingga kamu duduk di hadapan HRD, semuanya dapat menjadi penilaian, bahkan hal-hal kecil sekalipun. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah:
1. Bahasa Tubuh
Pastikan kamu memberikan kesan percaya diri melalui gerak tubuh. Jangan melakukan gerakan-gerakan yang tidak perlu, seperti menggaruk kepala, menggerak-gerakan kaki, ataupun tergesa-gesa saat menjawab pertanyaan.
2. Eye Contact
Pastikan untuk menjaga kontak mata selama berbicara. Hal ini merupakan etika umum yang harus dilatih.
3. Pertahankan Senyuman
Coba untuk tetap tersenyum bahkan saat kamu diberikan pertanyaan yang sulit. Ini akan memberikan sinyal kepada tubuh kamu untuk tetap rileks agar dapat tetap menjawab pertanyaan dengan tenang.
4. Intonasi saat Bicara
Pastikan intonasi suara kamu stabil. Kamu dapat melatih hal ini dengan merekam diri saat latihan menjawab pertanyaan dengan recorder agar dapat dijadikan bahan evaluasi.
Siapkan Dokumen Interview Kerja
Pastikan kamu sudah mempersiapkan dengan baik seluruh dokumen penunjang yang diminta saat interview kerja. Satukan semua dokumen menggunakan paper clip dan masukan ke dalam map.
Setelah semua dipersiapkan dengan baik, kini tergantung dari cara kamu meyakinkan HRD dengan memilih kalimat dan diksi yang tepat bahwa kamulah kandidat yang terbaik untuk posisi tersebut.
Setelah interview selesai, jangan lupa lakukan follow-up dan menyampaikan ucapan terima kasih untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu dan kesempatan yang telah diberikan. Idealnya hal ini disampaikan melalui e-mail atau bisa disampaikan di akhir proses interview. Hal ini menunjukkan bahwa kamu merupakan pribadi yang sopan dan meninggalkan kesan yang baik bagi HRD.
Bagaimana? Apakah tips di atas membantu? Silakan tinggalkan komentar jika kamu masih mempunyai pertanyaan seputar interview kerja. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke teman-temanmu.