tips job fair

Job Fair menjadi salah satu jawaban dalam membangun dunia karirmu.

Hampir tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk kesulitan mencari kerja di era Revolusi Industri 4.0 ini. Ada banyak pilihan cara melamar kerja. Internet melahirkan portal-portal khusus pencari kerja yang menjembatani antara perusahaan dan pelamar dalam satu waktu. Meskipun banyak job portal yang dinilai lebih praktis, namun job fair masih memiliki pamornya tersendiri.

Bagi kamu yang masih memilih job fair untuk mencari lowongan kerja, tim berkarir.id sudah menyiapkan 10 tips untukmu ketika datang ke job fair, simak ya.

1. Siapkan CV dan Lamaran Kerja yang Menarik Sebelum Datang ke Job Fair

surat lamaran kerja
Persiapkan resume sebaik mungkin

Kamu harus menyiapkan CV menarik dan lamaran kerja yang bagus sebelum mendatangi job fair. Selain itu persiapkan dokumen tersebut dalam bentuk hard copy dengan jumlah yang cukup banyak, agar kamu tidak kekurangan ketika mengajukan berkas lamaran. Persiapkan juga soft copy untuk kebutuhan lampiran email.

2. Pahami Perusahaan Beserta Posisi yang Dilamar Ketika di Job Fair

Carilah informasi mengenai siapa penyelenggara job fair tersebut. Semakin besar penyelenggara, semakin bergengsi job fair tersebut.

Ini penting untuk melihat kategori yang dibutuhkan oleh perusahan, jika job fair diselenggarakan oleh universitas artinya perusahaan tersebut lebih mencari kategori fresh graduate.

Kamu juga harus tahu perusahaan apa saja yang ikut job fair tersebut. Dengan begitu kamu bisa mengukur apakah ada perusahaan dan posisi yang kamu incar dan sesuai dengan passion-mu.

3. Datanglah ke Job Fair dengan Pakaian Rapi dan Formal

Dressing well is a form of good manners. Sebagai job seeker, wajib memberi kesan bagus pada calon perusahaan. Tentu sangat penting untuk menjaga penampilan saat datang ke job fair

4. Pilih Rute yang Paling Efektif di dalam Job Fair

job fair besar
Siapkan segala keperluan sebelum datang ke job fair

Saat mendatangi acara job fair, menentukan rute yang efektif menjadi penting. Kamu akan menemukan denah/peta posisi stan perusahaan. Gunakanlah denah itu untuk menentukan rutemu sejak awal.

5. Tunjukkan Bahwa Kamu Antusias Mendatangi Job Fair

Ketika datang ke job fair, datanglah dengan antusiasme dan semangat yang tinggi. Hal ini penting, mengingat kamu harus bersaing dengan ribuan job seeker lainnya. Jangan lupa untuk selalu bersikap ramah pada calon perusahan dan dengarkan penjelasan mereka dengan baik.

6. Cari Kesempatan Bertemu Manager HR Perusahaan

Manager HR adalah orang yang sangat berpengaruh di suatu perusahaan. Dengan mencari kesempatan berbicara langsung kepada manager HR tentang potensimu, tentu  akan lebih membuka peluang diperhitungkan oleh perusahaan tersebut.

Saat kamu berhasil melakukan ini maka jangan sia-siakan kesempatan, buat peluangmu semakin besar.

7. Berkomunikasilah dengan Baik Selama di Job Fair

tips job fair
Perbanyak relasi dengan orang-orang baru selama job fair

Kamu harus bisa berkomunikasi sesingkat dan sejelas mungkin untuk menjelaskan tentang profil dan latar belakangmu kepada recruiter. Sampaikan hal-hal yang penting untuk ditanyakan dan jangan bertele-tele.

Berkomunikasi dengan baik tidak hanya dengan recruiter, namun juga orang-orang baru yang juga berjuang di job fair. Kita tidak pernah tahu kesempatan bisa datang dari mana saja, perbanyak networking.

8. Bangun Jaringan Kerja Selama Job Fair

Membangun networking sangat penting.Usahakan agar kamu mendapatkan kartu nama atau contact info dari perusahaan-perusahaan yang berada di job fair. Hal ini akan sangat berguna saat kamu melakukan follow up lamaran atau sekedar bertanya perihal informasi lowongan kerja di lain kesempatan.

9. Jaga Stamina dan Energi Selama Job Fair

Kebanyakan job seeker kehilangan semangatnya saat jam makan siang atau menjelang sore karena lelah. Jagalah stamina dan energi secara maksimal. Semakin kuat staminamu, maka semakin banyak lowongan yang bisa kamu daftar.

10. Tetap Follow Up Setiap Calon Perusahaan yang Dilamar

Setiap perusahaan memiliki alur perekrutan yang berbeda-beda. Pastikan kamu melakukan follow up via telefon maupun e-mail dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini penting agar memastikan proses lamaran terus berlanjut. Pastikan juga kamu rutin membuka e-mail, SMS, dan pemberitahuan telefon masuk dari calon perusahaan.

Job Fair Bukan Satu-satunya Jalan

Setiap job seeker mempunyai caranya masing-masing, begitu juga dengan kamu. Tetaplah fokus pada impianmu, seandainya kamu belum berhasil mendapatkan tawaran kerja jangan pernah patah semangat karena masih banyak cara yang lain yang dapat dilakukan. 

Apakah sobat berkarir.id merasa terbantu dengan tips-tips di atas?

Kalau begitu tunggu apa lagi? Tinggalkan komentar dan pertanyaanmu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman-temanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *